Selasa, 16 Juni 2020

Dateng Kepagian ke Sekolah

DATENG KEPAGIAN KE SEKOLAH

Udah jadi kebiasaan gue, dateng pagi pagi kesekolah, bahkan saking paginya gue udah datang sebelum Office Boy (OB) dateng, yaa kadang walau pun gue (katanya) jadi kepsek, kadang gue nyapu halaman sekolah dulu, sambil nungguin siswa di depan gerbang,kali aja ada yang dateng duluan, terus di bantuin deh nyapu nyapu nya, hehe.

Pernah ketika sambil nunggu gue nyampu halaman, tiba tiba dateng, siswa sama ortunya pake mobil, turun didepan gerbang mobil, gue ngga sempet nyambut, karena kebetulan lagi nyapu pojokkan halaman, dan membelakangi gerbang, jadi ngga lihat kalo siswa itu hadir, dan tiba tiba ortunya bilang ke gue, “Mas nitip anak saya yaa, saya mau buru buru berangkat kerja, keliatannya guru nya belum pada dateng yaa,” gue yang waktu itu masih pegang sapu, dengan senyum dikit di paksakan, bilang: “ iya bu, silahkan, anak ibu saya jagain”,  dalem hati, si ibu ini ngga kenal gue apa?, lha..kan gue kepala sekolahnya, owalaah,..... bisa jadi dia anggap gue OB kali, karena kan gue masih megang sapu.

Belakangan si ortu itu baru ngeh, kalo gue itu kepsek disitu, pas ada acara sosialisasi program kelas. Selesai acara, si ibu itu menghampiri, “ini kan yang  kemaren nyapu dihalaman sekolahkan?” hehe dengan senyum ada dipaksan gue mengangguk, “ooh maaf yaa, maaf” kata si ibu, sambil salah tingkah, saya kira OB, abisan bapak ngga bilang sih” katanya berseloroh, gue Cuma senyam senyum aja, sambil bilang pelan, ngga apa apa Bu, tenang aja.

Pernah suatu ketika, gue datang pagi pagi , belum ada OB, siswa bahkan guru. Tapi kali ini gua ngga nyapu, ntar di sangka OB lagi hehehe. Akhirnya gua berdiri di depan gerbang, sambil perhatiin sekitar sekolah, kali aja ada uang yang berserakan, abis anak anak jajan, karena pada larian, ahirnya uang nya pada jatoh, cepean sama gocapan, hallaaah, mengkhayal tingkat rendah. Kebetulan gerbang SD sama gerbang TK bedekatan, ternyata sudah ada siswi TK yang hadir, sendirian padahal belum ada siswa lain bahkan gurunya, ini anak ditinggal sendirian, dan mungkin yang mengantar, apakah pembantunya atau mungkin orang tua nya udah balik lagi…, tapi anehnya itu anak duduk nongkrong aja…didepan kelas, sambil mukanya meringis, entah apa yang dirasa, apa seneng apa sakit?, gue perhatiin dari jauh. Lama lama mukanya agak memerah, “waah…ada yang ngga beres nih” kata gue dalam hati. Intuisi gue, eh insting gue sebagai guru yang ramah dan bijaksana hehehe keluar, akhirnya gue deketin, walaupun itu bukan siswa SD,   gue deketin,…begitu menjelang 4 langkah mendekat, sudah mulai terasa aroma aroma aneh…hemmm sambil mengendus, bak detektif mencari sidik jari, gue merasakan baunya makin menyengat, waah ada yang ngga beres nih sekolah, begitu sergah gue, mana OB nya nih, dengan tolak pinggang sambil kepala celingukan lihat kiri kanan, kali aja nemu OB.

Waduh… ini aroma nya makin menyengat, kaya bau kotoran manusia, pas didepan si anak ini nongkrong, lalu gue juga ikut nongkrong, dan si anak inipun tak bergeming, malah mukanya nambah meringis….eeh ngga lama nangis, weits…gue jadi salting, sambil menutup hidung karena baunya makin menyengat..owalaaah…. ternyata si anak ini sedang BAB (buang air besar) di celana, hadeuuh keinginan pengen dapet buangan uang, eeh malah dapet buangan kotoran.

Gue bingung bin panik bin jijik bin titan dah. Harus di apain ini anak, dai udah BAB di celana, celananya udah basah, kotorannya udah meleber kemana mana, hadeuuh,  gue langsung berdiri liat kiri kanan, sekarang di tambah depan belakang, kali aja ada OB atau guru yang sudah datang, sambil menghibur anak ini untuk mendiam kan “cup cup cup…jangan nangis yaa”, gue berusaha mendiamkan, apa perlu gue joget depan nih anak, hehehe tengsin doong

Setelah beberapa menit, ternyata ngga ada yang hadir juga, aduuh ini anak kasihan juga, akhirnya gue inisiatif untuk bawa anak ini ke Toilet, yaaah dengan ikhlas dah… gue cebokin ini anak,-padahal gue juga belum pernah cebokin anak sendiri- dengan rasa jijik tingkat tinggi, gue bersihin kotoran ini anak. Udah hilang dah…aromanya, celana gue lempar ke pojokan kamar mandi, biar ntar OB aja yang bersihin, kata gue dalam hati. Selesai ngebersihin, lega dah….owalah….bingung lagi…nih anak pake celana apa? Kan celananya basah. Selagi gue mikir kaya ilmuwan yang lagi nyari lampu bayangan…Tiba tiba dateng gurunya,  Alhamdulillah- kaya abis kejatuhan duit segepok, seneng banget, langsung aja, anak ini gue serahkan ke gurunya, langsung gue kabur, kembali ke job gue. Menyambut siswa SD. Dengan penuh senyum. Walau lengan baju gue agak basah, ngga apa apa dah..asal ngga bau ee aja, hehehe

2 komentar:

  1. ya Allah pak, sampe cekakakan saya baca nya😂😂😂

    BalasHapus
  2. beneran ajarin buat blog ya pak, biar ga dibilang go-blog klo blm pny😁😁

    BalasHapus

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19 PANDEMI   Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memengaruhi seluruh tatanan kehidupa...