Selasa, 16 Juni 2020

CITA CITA MENJADI GURU

CITA CITA MENJADI GURU
Semenjak TK sampai kelas enam SD, gue (maaf pake kata gue, karena waktu itu, belum terbiasa pakai aku/saya, maklum betawi sono nya masih kentara,hehehe) hanya mengenal tiga cita cita :pilot, insinyur dan dokter. Dan anehnya sepertinya tiga profesi ini yang dijejalkan oleh guru guru ke semua anak anak SD seantero negeri.

Gue pernah nanya ke seorang siswa, (waktu iseng di waktu luang ngajar,) sebutlah namanya Randi, dengan nada penuh empati, gua nanya ke Randi, yang mungkin dia anak yang “agak slengeyan” diantara anak yang lain,  “Randi kalo sudah besar cita citanya apa? em…jadi dokter” kata dia ragu.

Gue bukan underestimate profesi dokter, tapi di negeri ini, untuk menjadi dokter itu mahal. Apa yang ada di pikiran si Randi itu tentang profesi dokter? Gue curiga anak itu ngga bener bener sadar apa yang dia katakan. Satu hal yang mungkin anak itu ngga tahu; Negara kita lebih butuh banyak guru yang bisa jelasin bahwa cita cita itu bukan hanya dokter.

Sering juga gue bikin survey kecil kecilan, ketika ngisi training motivasi buat anak SMP dan SMA, bikin angket, tentang cita cita. Ternyata jawaban paling banyak yang pertama yaa dokter itu, kemudian pilot, kalaupun ada yang mau jadi guru, palingan hanya beberapa orang, ironis, jika di Tanya “kenapa tidak mau jadi guru ?” “jawaban mereka kalo jadi guru madesu”, gue bingung apa itu madesu? “masa depan suram”. Owalaah…..bisa aja mereka.
Gini gini juga gue udah jadi kepala sekolah selama 16 tahun, udah 5 sekolah gue kepalain. Menurut gue (yang juga sebagai pelaku pendidikan), instansi yang namanya sekolah mengalami degradasi. 

Bukan hanya mengenai kwalitas guru- karena tidak sedikit guru, yang jika di Tanya kenapa jadi guru?, -padahal banyak diantara mereka bukan dari bagian keguruan-, jawabannya “ yaaah dari pada nganggur, yaa jadi guru dah”,- percontekkan masal, tawuran  dan kurikulum yang gonta ganti, tapi masih banyak juga yang lain.
Tentu masih ingat, waktu media ramai memberitakan banyaknya remaja sekolah yang melakukan free sex bahkan sampai membuat video, ada sekolah yang mengadakan tes keperawanan, hmmm sungguh ironis

Ngga menutup kemungkinan, suatu hari ada razia bencong di sekolah. Kepala sekolah berdiri di podium waktu upacara dan ngomong, “karena telah merebaknya bencongisasi yang menyebabkan hancurnya moral bangsa ini, maka hari ini akan diadakan razia bencong. Bagi yang merasa bencong maju kedepan!" Klo gue jadi bencong, yang ad ague angkat celana tinggi tinggi dan kabur lompat pagar.

Nilai minimal kelulusan juga sekarang makin tinggi sehingga makin banyak orang tua yang masukin anak anak nya ke bimbel. Waktu zaman gue sekolah, bimbel itu bisa di bilang ngga ada, atau jarang sekali. Tapi sekarang bimbel itu udah kaya anak alay Dahsyat, rame banget. Karena saking bersaingnya bahkan ada bimbel yang menggaransi siswanya lulus seratus persen atau lulus PTN, klo ngga uang kembali. Luar biasa, makanya biayanya sangat mahal, sekolahnya bayaran SPP nya murah, eeh bimbel bisa jutaan lebih, kenapa ngga ada sekolah yang bisa menjamin seperti itu ya?.

Untuk itu karena gue peduli, maka waktu masih kuliah juga gue pernah nyambi ngajar di Madrasah Diniyyah, ( waktu itu madrasah masih di lihat sebelah mata, oleh sebagian orang), Menjadi guru yang bagus di tengah keterbatasan madrasah yang masih minim saat itu. Sekarang mah madrasah sudah banyak perkembangan, Alhamdulillah.

Karena masih berstatus mahasiswa, gue ngajar pake sepeda, belom punya motor. Pernah waktu gue ngajar di kelas Bahasa Arab di kelas 2, tiba tiba sebuah bola sepak melayang tepat di muka gue, mending kalo bolanya bola karet, ini mah bola yang dibikin dari gulungan kertas Koran, dan sebegai pemberat di dalemnya pake batu, kebayang ngga?.

PLAK!

Gile!...Sumpah sakit banget! Kena kuping gue, sampai merah. Gue beranjak dari kursi. “siapa yang nendang”?! Seluruh kelas hening........

Memang sebelumnya gue udah peringatkan supaya jangan main bola di dalem kelas, tapi yaah mau bagaimana lagi, lapangannya ngga ada, palingan main di kebon orang, terus tanaman orangnya rusak, di kejar kejar itu bocah, sama yang punya kebon, karena tanamannya di rusak, ngejarnya sambil bawa galah.

“SIAPA YANG NENDANG !?”, gue nanya makin tegas, gue panggil anak anak yang maen bola semuanya, setelah berkumpul gue suruh baris, terus gue suruh angkat kaki sebelah, dan tangan sebelah pegang kuping temennya, (hehehe gentian, dalam hati…kuping gue ampe panas kena bola, sekarang mereka saling pegang kuping temennya) hehehe jahat ya gue.

Oke itu becanda, kenyataannya adalah mereka tunjuk tangan semua, gue Cuma bisa ngelus dada dan bilang dalam hati, “ AllahuAkbar, berilah hamba MU kesabaran!

Gue ngajar disitu ngga sampe setahun, tapi banyak pelajaran berharga, yang gue dapet di Madrasah. Kesederhanaan, keikhlasan, keluguan anak anak dan perjuangan guru guru dalam “bertahan hidup” dengan gaji seadanya.

Tapi menjelang lulus-waktu itu masih mengerjakan skirpsi-, kebetulan gue mau bikin penelitian buat skripsi, dan ternyata penelitiannya ke sebuah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Pamulang, dan kebetulan gue juga alumni situ. Gini gini gue alumni madrasah, hehehe. katanya sih gue siswa teladan, walau pun ngga pernah dapet piagam perhargaan siswa teladan, kalo siswa telatan mungkin aja. Hehehe. Dulu waktu di MTsN gue jago Bahasa Arab, (ayam kali.. Jago), sering ikut lomba, pidato, dan menang terus.
Eh kembali ke Penilitian gue di MTsN, lalu singkat cerita gue bikin penelitian ke kelas, apa yang gue teliti?, wah gue lupa, kebetulan penelitian gue pake bahasa Arab, jadi kemungkinan siswanya pada ngga paham, hehehe. Semakin tidak di pahami, semakin bagus, kan begitu yak. Eh ngga maaf becanda.

Selesai penelitian , gue di tawari jadi guru pengganti, ngajar Bahasa Arab, karena kebetulan guru Bahasa Arabnya lagi cuti hamil. Ups... salah deng, bukan hamil, karena gurunya Seorang bapak, hehehe, maksudnya cuti sakit, (maaf Pak Aman Hasyim, beliau termasuk guru pavorit gue). Akhirnya gue jadi ngajar Bahasa Arab kelas 7. Disinilah gue berasa jadi guru beneran, walapun belum resmi bener, karena belum lulus kuliah. Tapi ada cerita menarik ketika ngajar di MTsN. 

Ini sekolah terletak di dataran rendah, semacam cekungan tanah, dan disebelahnya ada tempat penampungan sampah, yang sampahnya sudah menggunung, sudah melebihi ketinggian sekolah. Kebayang kan?, sekolah di samping tempat sampah. Nah.. masalahnya adalah,  jika hujan deras, hampir di pastikan, sekolah banjir, bahkan airnya masuk kedalam kelas, setinggi lutut orang dewasa. Dan yang hebohnya tuh, kalo banjir, kursi meja pada mengambang, kebayang ngga?, kita datang ke mau belajar, eeh... kursi mejanya pada ngambang, yaah namanya anak anak, banjir begini, pada seneng, pada nyebur dah, bahkan ada juga yang mancing ikan, ternyata juga banyak ikannya, bahkan pernah heboh ketika banjir, banyak ular pada keluar, mengambang di aer.

Kembali lagi, akhirnya gue ngajar bahasa Arab, Alhamdulillah ilmu bahasa Arab gue kepake, dari zaman pesantren sampe kuliah, berkutat sama Bahasa Arab, akhirnya keluar juga, hehehe.

Sekitar 2 tahun gue ngajar di MTsN, lalu gue di minta jadi kepada Sekolah di SDIT Nur Fatahillah, sekolah baru, belum ada siswanya, baru bangunan doang, gue di minta cari siswa beserta gurunya, padahal gue belum pengalaman ngelola sekolah. 

Bismillah gue terima jadi Kepsek di SDIT Nur Fatahillah, dari sinilah cerita selanjutnya bermula. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19 PANDEMI   Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memengaruhi seluruh tatanan kehidupa...