Jumat, 22 September 2017

Rencana Pengembangan Madrasah



RENCANA PENGEMBANGAN MADRASAH (RPM)
Madrasah Tsanawiyah AL ADZKAR
BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1) dinyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
Untuk itu perlu diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin peningkatan mutu pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen pendidikan serta pemerataan pelayanan pendidikan.
Dengan iklim yang demikian diharapkan mampu melahirkan generasi  penerus pembangunan masa depan agama bangsa dan negara yang beriman, bertaqwa, kompeten, mandiri, rasional, kreatif dan siap menghadapi berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal kepada Allah SWT bahwa apa yang dihadapi, apa yang terjadi merupakan kehendak-Nya yang harus dihadapi dan disyukuri.
Berdasarkan kepentingan tersebut MTs Al Adzkar sebagai salah satu lembaga pendidikan islam yang terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik akan program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang telah disepakati bersama.
Untuk itu maka kami menyusun dan merencanakan sebuah Rencana Pengembangan Madrasah ( RPM ) yang merupakan program peningkatan mutu pendidikan yang tertuang dalam rencana kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek ( Tahunan ).




B.   DASAR HUKUM

  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
  3. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, Tanggal    19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
  4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, Tanggal    04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah


C.   MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah ( RPM ) adalah :
·         Menjamin agar tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
·         Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah.
·         Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan Kantor Kemenag kabupaten/kota, dan antarwaktu.
·         menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
·         Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
·         Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
·         Memberikan gambaran yang jelas tentang hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan serta masalah-masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 8 tahun ( jangka panjang ), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 20017/2018 (jangka pendek).
·         Sebagai pedoman kerja bagi semua personil sekolah dalam melaksanakan tugas mengajar dan  mengelola kegiatan pada tahun pelajaran 2017/2018.

Tujuan program kerja ini :
·         Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung.
·         Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan sekolah.
·         Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja.
·         Sebagai sumber data dan informasi bagi penentuan kebijakan dan keputusan pimpinan.


D.   RUANG LINGKUP PROGRAM

Ruang lingkup program kerja ini meliputi :
a.   Program kerja jangka panjang ( 8 tahunan )
b.   Program kerja jangka menengah ( 4 tahunan )
c.    Progra kerja jangka pendek ( 1 tahunan )


E.   SASARAN PROGRAM

Sasaran program kerja ini adalah untuk  memperlancar kegiatan Madrasah yang meliputi ke tiga program kerja tersebut.










BAB II
PROFIL MADRASAH


A.       PENDAHULUAN

Pendidikan di dalam islam adalah untuk menjadikan manusia sebagai makhluk yang menjalankan fungsi dan misinya  yaitu sebagai  ’abid dan khalifah. Abid berarti manusia yang berima dan bertaqwa. Khalifah berarti manusia yang memberi manfaat dan mashlahat melalui amar ma’ruf nahi mungkar, amal sholih, infaq, shodaqoh, ta’lim, menegakkan keadilan, kesejahteraan, keamanan dan  kedamaian dibawah naungan dan ridho Allah SWT.

Madrasah Tsanawiyah adalah sekolah yang diselenggarakan berdasarkan konsep ”one for all”. Artinya dalam satu atap sekolah siswa memperoleh pendidikan umum, pendidikan agama dan pendidikan keterampilan. Pendidikan umum mengacu pada kurikulum nasional, pendidikan agama menekankan pada pendidikan aqidah, akhlak dan ibadah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan lingkungan yang baik (biah sholihah) di dalam lingkungan sekolah dan mewujudkan suri tauladan (qudwah hasanah) oleh seluruh guru dan pegawai sekolah. Sedangkan pendidikan keterampilan dikemas dalam kegiatan ekstra-kurikuler yang menyediakan beragam pilihan kegiatan yang seluruhnya mengacu kepada prinsip-prinsip keterampilan hidup (life skill).

Madrasah Tsanawiyah AL Adzkar Pamulang yang berdiri sejak tahun pelajaran 2011/2012 adalah sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan proses belajar dengan memadukan pendidikan umum,  pendidikan agama dan pendekatan Pesantren Modern  menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan nilai-nilai keislaman. Madrasah Tsanawiyah juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran.


B. Visi
Terwujudnya pesantren Al-Adzkar yang modern, unggul dalam ilmu keislaman, pengetahuan umum dan teknologi, serta mengedepankan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi

B.   Misi
C.   Mengajarkan ilmu keislaman, pengetahuan umum, dan teknologi secara terpadu.
D.   Menyelenggarakan pendidikan tahsin dan tahfizh Al-Qur’an, serta Bahasa Arab dan Inggris secara berrkesinambungan.
E.   Membiasakan santri dengan adab dan akhlak Islami, serta hidup mandiri, sederhana, dan disiplin.
F.    Menyelenggarakan pendidikan pesantren yang sehat, bersih, tertib, dan nyaman.



Penjabaran misi di atas meliputi:
1.    Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya dengan basis kurikulum Tsanawiyah Al Adzkar, kurikulum Pesantren dan kurikulum keterampilan hidup.
2.    Menyelenggarakan pembinaan tahsin dan tahfizul Qur’an serta pembiasan ibadah.
3.    Menyelenggarakan pembinaan ruhiyah dan jasadiyah.
4.    Menyelenggarakan diklat, kursus, workshop dan pelatihan bagi para guru dan pegawai untuk meningkatkan kompetensinya.
5.    Menyelenggarakan dan menyediakan fasilitas dan media informasi untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi seluruh warga sekolah.
6.    Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
7.    Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
8.    Menumbuhkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai islam dan budaya bangsa.

  1. Tujuan MADRASAH
Visi dan Misi merupakan proyeksi jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa bentuk kegiatan yang memiliki tujuan yang lebih jelas dan lebih detil. Berikut ini tujuan-tujuan Madrasah yang merupakan penjabaran  dari visi dan misi di atas.
1.    Membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa.
2.    Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang islami dan berkualitas.
3.    Menghantarkan siswa menjadi kader-kader da’wah dan pemimpin perubahan.
4.    Menghantarkan siswa menjadi manusia yang bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas dan memiliki keterampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia, dengan rincian karakter (muwashofat) sebagai berikut:

a.       Aqidah yang Bersih (Salimul Aqidah)
Meyakini Allah Swt sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala fikiran, sikap dan perilaku bid’ah, khurafat dan syirik.


b.       Ibadah yang Benar (Shahihul Ibadah)
Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, shaum (puasa), tilawah (membaca) al Qur’an, dzikr dan do’a sesuai petunjuk Al Qur’an dan As-Sunnah.

c.        Pribadi yang matang (Matinul Khuluq)
Menampilkan perilaku yang santun, tertib dan disiplin, peduli terhadap sesama dan lingkungan serta sabar, ikhlas, ulet dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.

d.       Mandiri (Qadirun Alal Kasbi)
Mandiri dalam memenuhi segala keperluan hidupnya dan memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan, kecakapan dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan nafkahnya.

e.       Cerdas dan Berpengetahuan (Mutsaqqaful Fikri)
Memiliki kemampuan berfikir yang kritis, logis, sistematis dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai bahan ajar dengan sebaik-baiknya, cermat serta cerdik dalam mengatasi segala problem yang dihadapi.

f.        Sehat dan Kuat (Qawiyul Jismi)
Memiliki badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, serta keterampilan beladiri yang cukup untuk menjaga diri dari kejahatan pihak lain.

g.        Bersungguh-sungguh dan Disiplin (Mujahidun Linafsihi)
Memiliki kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungnnya yang ditunjukkan dengan etos dan kedisiplinan kerja yang baik.

h.       Tertib dan cermat (Munazhzhom Fi Syu’unihi)
Tertib dalam menata segala pekerjaan, tugas dan kewajiban, berani dalam mengambil resiko namun tetap cermat dan penuh perhitungan dalam melangkah. 

i.         Efisien (Harisun ‘Ala waqtihi)
Selalu memanfaatkan waktu dengan pekerjaan yang bermanfaat, mampu mengatur jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritas.

j.        Bermanfaat (Nafiun Lighoirihi)
Peduli kepada sesama dan memiliki kepekaan dan keterampilan untuk membantu orang lain yang memerlukan pertolongan. 





E.   SASARAN MUTU

1.    Terpenuhinya 10 (sepuluh) karakter pribadi Muslim :
                   a.    Beraqidah bersih, Lurus ( Salimul ‘Aqidah ).
                   b.    Beribadah dengan benar ( Shohihul Ibadah ).
                    c.    Berkepribadian Matang ( Matiinul Khuluq ).
                   d.    Mandiri ( Qadirun ’alal Kasbi ).
                   e.    Cerdas dan berpengetahuan ( Mutsaqqoful Fikriy ).
                     f.    Sehat dan Kuat ( Qowiyyul Jismi ).
                    g.    Disiplin dan Sungguh-sungguh ( Mujahidun Linafsihi ).
                   h.    Tertib dan cermat ( Munazhomun fi Syu’unihi ).
                     i.    Efisien ( Haritsun ’ala Waqtihi ).
                    j.    Bermanfaat ( Nafi’un Lighoirihi ).
2.    Mencapai nilai akademik 7,5 pada mata pelajaran utama ( Pendidikan Agama Islam, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab ).
3.    Mencapai hafalan 3 Juz Al-Qur’an dengan fasih dan lancar.
4.    Lulus Ujian Nasional 100 %.
5.    Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan baik.
6.    Mampu mengoperasikan Microsoft Office dan Internet.
7.    Siswa memiliki Life Skill/keterampilan.

F.   PROGRAM KERJA
1.    Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar, dengan basis kurikulum Madrasah Tsanawiyah AL Adzkar, Kurikulum Pesantren, Pramuka dan Life Skill/keterampilan.
2.    Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar dengan basis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
3.    Menyelenggarakaan pembinaan tahfidz.
4.    Menyelenggarakan pembinaan pembiasaan ibadah ( Sholat berjama’ah, Sholat dan Puasa Sunnah, dll ).
5.    Menyelenggarakan pembinaan Ruhiyah dan Jasadiyah (Halaqoh/mentoring).
6.    Menyelenggarakan Ekskul wajib English Conversation dan Muhadatsah, Renang.
7.    Menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri ( ekskul pilihan ).
8.    Menyelenggarakan diklat/kursus-kursus Bahasa Inggris dan Arab bagi guru dan pegawai.
9.    Menyelenggarakan Pelatihan-pelatihan guru dan pegawai untuk meningkatkan kompetensinya.
10. Menyelenggarakan Studi Banding.
11. Menyelenggarakan fasilitas/media informasi seperti Koran, majalah, TV dan Internet.

G.   KURIKULUM

1.   KOMPONEN KURIKULUM
a)   Kurikulum Madrasah Tsanawiyah AL Adzkar.
b)   Kurikulum Pesantren.
Ø  Pokok-pokok ajaran Islam ; Aqidah, ibadah, Akhlaq, Fiqih, siroh/tarikh, Al-qur;an,  hadits dan Tsaqofah.
Ø  Al-Qur’an ; Tahsin dan Tahfidz.
Ø  Bahasa Arab.
c)    Kurikulum Kepramukaan dan mentoring; Ruhiyah, jasadiyah, fanniyah, tsaqofiyah, qiyadah wal Jundiyah (Kepemimpinan) dan Ukhuwwah.
d)   Kurikulum Keterampilan ; beladiri, jurnalistik, marawis, Robotik,kaligrafi, olahraga prestasi, Tata Boga, , Desain Grafis, dll.



L. EKSTRAKURIKULER
a.   Ekstrakurikuler Wajib, yang meliputi;
1.    Mentoring/Bimbingan Keislaman.
2.    Kepramukaan

b.   Ekstrakurikuler Pilihan, yang meliputi;
1.    Karate                  
2.    Tifan   
3.    Tilawah       
4.    Disain Grafis
5.    Kaligrafi
6.    Futsal
7.    Robotik
8.    Aeromodelling
9.    Tata Boga
10. Tata Busana
11. Marawis
12. Memanah

O.   KEADAAN SARANA DAN PRASARANA


No.

Uraian

Jumlah

Kondisi

1.

Ruang Kepala Sekolah


1

Baik

2.

Ruang Tata Usaha


1

Baik

3.

Ruang Rapat


1

Baik

4.

Ruang Tamu


2

Baik

5.

Ruang Guru Ikhwan (Putra)


1

Baik

6.

Ruang Guru Akhwat (Putri)


1

Baik

7.

Ruang Kelas


9

Baik

8.

Laboratorium Komputer


1

Baik

9.

Laboratorium IPA/SAINS


1

Baik

10.

Perpustakaan


1

Baik

11.

Masjid




Baik

12.

Mushola Putri


1

Baik

13.

Kantin


1

Baik

14.

A u l a


1

Baik

15.

Kamar Mandi Siswa Putra


30

Baik

16.


Kamar Mandi Siswa Puteri

30

Baik

17.

Kamar Mandi Guru Ikhwan


2

Baik

18.

Kamar Mandi Guru Akhwat


2

Baik

19.

Lapangan Upacara

1

Baik


20.

Lapangan Futsal


1

Baik

21.

Lapangan Volly


1

Baik

22.

Lapangan Basket


1

Baik

23.

Lapangan Badminton


1

Baik

24.

Ruang musik

1

Baik







BAB III
PROGRAM JANGKA PANJANG

A.   PROGRAM JANGKA PANJANG MTs Al Adzkar ( 8 TAHUN )
Prioritas program kegiatan jangka panjang tahun 2017/2018 dititikberatkan pada peningkatan mutu, meliputi :
1.    Menyusun strategi pelaksanaan pengembangan profesionalitas  guru dan pegawai  melalui Training, diklat, seminar dan sebagainya.
2.    Melengkapi dokumen kurikulum Madrasah Tsanawiyah AL Adzkar dengan Kurikulum 2013 dan kurikulum Pesantren.
3.    Menyelenggarakan sekolah yang berstandar Nasional.
4.    Mempersiapkan dan melaksanakan kurikulum MTs Aldzkar secara lengkap dan menyeluruh.
5.    Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.
6.    Mengembangkan model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.
7.    Merencanakan dan melaksanakan ujian nasional dan dapat mengatasi permasalahan yang timbul pada tahap proses kelulusan.
8.    Mengidentifikasi implikasi pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi terhadap manajemen sekolah.
9.    Mengembangkan sistem evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen sekolah dan melakukan evaluasi diri.
10. Mengembangkan budaya sekolah yang kondusif dan mengembangkan metode mengajar dan metode belajar siswa serta mengembangkan hubungan yang sinergis dengan masyarakat.
11. Pengembangan program inovasi dan kreativitas guru dan siswa.
12. Mengembangkan administrasi sekolah berbasis Teknologi Informasi melalui komputerisasi data dan jaringan internet.
13. Melengkapi sarana dan prasarana belajar sesuai perkembangan zaman.



BAB IV
PROGRAM JANGKA MENENGAH

B.   PROGRAM JANGKA MENENGAH MTs AL ADZKAR ( 4 TAHUN )
No
Jenis
Program
Uraian
Program
Strategi
1.
Kurikulum dan Pembelajaran
·     Pengembangan Kurikululm nasional dan mengadopsi kurikulum internasional




·     Peningkatan mutu proses pembelajaran
1.   Memberdayakan fungsi litbang
2.   Mengadakan workshop
3.   Mengadakan study banding
4.   Merevitalisasi internet
1.   Mengadakan IN House Training (IHT)
2.   Merevitalisasi MGMP dan MGP
3.   Melaksanakan clasroom reform
4.   Retorientasi pembelajaran
5.   Melaksanakan penelitian tindakan kelas
6.   Mengadakan supervisi kelas
7.   Melengkapi media, sumber alat dan ajar
2.
Kesiswaan
·     Organisasi kesiswaan





·         Kegiatan wawasan wiyatamandala





·     Latihan kepemimpinan


·     Ekstrakulikuler

1.   Meningkatkan organisasi yang berorientasi pada iptek dan imtak
2.   mengadakan hubungan kerjasama dengan organisasi serupa di dalam dan luar negeri
3.   meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wawasan wiyatamandala
4.   mengadakan IHT kepemimpinan siswa
5.   Mengadakan studi banding ke organisasi SISWA lain yang sudah mapan
6.   Memiliki jumlah dan mutu ekstrakulikuler yang memadai
7.   Mendirikan kelompok ilmiah remaja
8.   mengadakan lomba K7 tiap tahun
9.   Meningkatkan interaksi yang harmonis antara semua warga sekolah dengan lingkungan



3.
Ketenagaan
Peningkatan profesionalisme guru dan karyawan
1.   Pembinaan secara rutin
2.   Mengadakan WorkShop
3.   Mengadakan IHT
4.   Mengikutsertakan guru dan staf  TU ke penataran, pelatihan, seminar, dan MGMP/MGP
5.   Melengkapi referensi sesuai dengan kebutuhan
6.   supervisi internal secara berkala
4.
Sarana prasarana

·     Pengadaan sumber, media, alat pembelajaran sesuai SPM
·     Membangun lab bahasa, lab. Biologi, lab. Kimia dan fisika
·     Membangun gedung olah raga dan kesenian
·     Menata taman belajar
·     Memperluas jaringan internet
1.   Menginventarisasi sarana dan prasarana yang ada
2.   merencanakan pengadaan pemeliharaan dan rehabilitasi sapras
3.   mengadakan pemeliharaan, rehabilitasi dan pengadaan sapras
5.
Manajemen
·     Melaksanakan School reform and classroom reform
·     Melaksanakan action reseacrh
·     Mengadakan supervisi internal
1.   Menyusun program perencanaan
2.   pengorganisasian staf
3.   Pengadminstrasian
4.   Pelaksanaan kegiatan
5.   Evaluasi kegiatan

6.
Hubungan Masyarakat/Kedinasan
·     Pertemuan komite sekolah ;  Rapat berkala, Rapat khusus.
·     Hubungan kerjasama  dengan ; KEMENAG, DINAS PENDIDIKAN  dan instasi terkait.
1.   Pertemuan rutin dan berkala dengan komite sekolah
2.   Mengikuti Rapat dengan KKM, KEMENAG DAN DINAS PENDIDIKAN
3.   Mengadakan dan memperbaharui MOU dengan rekanan
4.   Mengevaluasi hasil kerja.









BAB V
PROGRAM KERJA TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

A. URAIAN PROGRAM KERJA
         Program Kerja Tahunan ini berisi uraian program kerja yang berisi seluruh kegiatan madrasah yang direncanakan dan diprogramkan dalam tahun pelajaran 2017/2018. Uraian program kerja tahunan ini merupakan penjabaran dari usaha pencapaian visi,misi dan tujuan sekolah.
         Program Kerja Tahunan MTs Al Adzkar tahun pelajaran 2017/2018 ini adalah sebagai berikut :
I
UMUM
1
Kegiatan 7K


II
ORGANISASI
1
Menyusun Struktur Organisasi
2
Pembagian Tugas Mengajar
3
Menyusun Kepanitiaan :

1. PSB

2. PTS

3. PS

4. UAS

5.   Outing Class
6.   PHBI/PHBN

6. Mukhoyam Tarbawi/Out Bond
7. Training Motivasi


III
ADMINISTRASI
1
Mengup-date Data Kepegawaian
2
Mengup-date Data Kesiswaan
3
Mengup-date Data Inventaris Sekolah
4
Mengelola Administrasi Sekolah
5
Menyusun Laporan Bulanan
6
Menyusun Laporan Semester
7
Menyusun Laporan Tahunan


IV
KEPEGAWAIAN
1
Menginventarisir Kebutuhan Guru
2
Mengajukan Kebutuhan Guru
3
Mengajukan Rumusan SKB
4
Supervisi






V
KEUANGAN
1
Menyusun RAPBS
2
Menyusun Laporan Keuangan BOS
3
Menyusun Pengajuan BOS




VI
RUMAH TANGGA SEKOLAH
1
Mengelola Kebutuhan Listrik
2
Mengelola Kebutuhan Telp.& Internet
3
Mengelola Kebutuhan Air Minum
4
Mengelola Kebutuhan The,gula, toiletris dll
5
Mengelola Kebutuhan ATK Habis Pakai :

1. Kertas 4 rim

2. Tinta Printer 4 Pcs

3. ATK Lain














VII
KURIKULUM
1
Penyusunan Kurikulum 2013
2
Penyusunan Program Tahunan
3
Penyusunan Prog. Semester
4
Penyusunan Silabus
5
Penyusunan RPP
6
Penyusunan Jadwal Pelajaran
7
Penyusunan Guru Mengajar
8
Pelaksanaan KBM
9
Dauroh Qur'an
10
Pembinaan Tahfiz Qur'an
11
Penyelenggaraan English Day
12
Penyelenggaraan Arabic Day
13
Outing Class
13
Kemah Pelajar/Out Bond
14
Ulangan Harian
15
PTS
16
PAS
17
Penyerahan Rapot
18
Bimbingan Belajar
19
Ujian  Nasional ( UN )






VIII
KESISWAAN
1
Masa Bimbingan Siswa (MOS)
2
Upacara
3
Penyusunan Program Tatib
4
Program Pembiasaan Ibadah :

1. Sholat Berjamaah

2. Sholat Dhuha

3. Sholat Rawatib

4. Dzikir Al-Ma'tsurat

5. Puasa Sunnah

6. Infaq Jum'at

7. Jadwal Azan dan Iqomah

8. Piket Masjid
5
Mentoring dan Kepanduan
6
Conversation
7
Muhaddatsah
8
Ekstrakulrikuler Pilihan
9
Kegiatan OSIS
10
Bulletin Pesantren
11
PHBI / PHBN
12
Inspeksi Mendadak (Sidak)
13
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
14
Seminar/Pelatihan Siswa
15
Pemilihan Siswa Berprestasi




IX
SARANA DAN PRASARANA
1
Mengup-date Data Inventaris Madrasah
2
Mengajukan Sarana Pendukung KBM
3
Melengkapi Prasarana KBM
4
Perawatan dan Perbaikan Inventaris Madasah
5
Pengadaan Buku Pelajaran
6
Pengadaan Buku MOS
7
Pengadaan Buku Rapot
8
Pengadaan Map Ijazah
9
Pengadaan Buku Mutabaah Yaumiyah,

Al-Ma'tsurat,Prestasi Tahfiz,
10
Pengadaan Kartu Siswa dan Guru (ID CARD)
11
Pengadaan Seragam Siswa dan Guru
12
Pengadaan Kelengkapan KBM
13
Pengadaan Kelengkapan Kesiswaan
14
Pengadaan Kelengkapan Kepanduan
15
Pengadaan Kelengkapan Kantor
16
Pengadaan Sound Sistem
17
Pengadaan Digital Camera & Handycam
18
Pengadaan LCD
19
Pengadaan Lab. Kom/Multi Media
20
Pengadaan  Lab. Bahasa

X
HUMAS
1
Rapat Komite Kedinasan (KEMENAG, DINAS PENDIDIKAN, KKM)
2
Koordinasi Kegiatan dengan instansi tertentu
3
Rapat dengan Orang Tua Siswa
4
Seminar/Pelatihan Umum
5
Studi Banding
6
Bakti Sosial
7
Membuat Film Profil Sekolah
8
Panelisasi Foto-foto Kegiatan Sekolah
9



XI
PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN SDM
1
Rapat Kerja Awal Tahun
2
Rapat Rutin Sekolah
3
Rapat Rutin dengan Yayasan/pengasuhan
4
Menjadi anggota JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu)
5
Rapat Kenaikan Kelas
6
Rapat Kerja Akhir Tahun
7
Pelatihan Guru dan Pegawai
8
Pelaksanaan Hari Bahasa





BAB V
PENUTUP

           Al-hamdulillah dengan rahmat dan karunia Allah SWT kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja Tahunan ini. Ini merupakan sebuah cita-cita dan komitmen untuk melakukan yang terbaik dalam melaksanakan tugas-tugas kami. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang ada pada kami, karena itu boleh jadi program kerja tahunan yang kami susun ini masih banyak pula kekurangannya dan jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu kritik dan saran dari berbagai pihak kami harapkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan kami, agar program kerja tahunan yang akan datang dapat disusun dengan lebih baik lagi.

Pamulang,  10 Juli  2017
Penyusun
Kepala Madrasah

Rinaldi Safiq,S.Ag.

18 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr wb.

    Terima kasih sdh publish RPM, mhn ijin adopsi dokumen. Smg barokah manfaat .

    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  2. izin copy dokument,alhamdulillah sangat bermanfaat buat proses akreditasi :)

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum wr wb.

    Terima kasih sdh publish RPM, mhn ijin adopsi dokumen. Smg barokah manfaat .

    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  4. saya tidak bisa download.. bgm caranya ya...

    BalasHapus
  5. izin copy bang semoga berkah amin

    BalasHapus
  6. maaf izin copy bapak...trima kasih atas ilmunya

    BalasHapus
  7. Ass. Maaf, mohon izin ngopy dokumennya. Terima kasih banyak, semoga menjadi ladang amal bg bpk/ibu

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum, izin copy paste, terimakasih sangat bermanfaat, semoga berkah dan memperoleh pahala yang tak terhingga bagi bapak/ibu.

    BalasHapus

  9. Assalamualaikum ww.
    Terima kasih atas penuntun RPMnya.sangat bermanfaat.semg berkah.
    aamiin.

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum wr wb.

    Terima kasih telah menerbitkan RPM, izin adopsi dokumen mhn. Manfaat smg barokah.

    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  11. Silahkan yg ingin Copas, semoga menjadi amal jariyah, aamiin

    BalasHapus
  12. Mohon izin untuk Copas , Semoga berkah dan bermanfaat

    BalasHapus
  13. terima kasih banyak ustadz, sangat bermanfaat, semaga sukses selalu

    BalasHapus
  14. Assalaamu'alaikum, ustadz, mhn izin copas ya, smg jadi amal jariyah utk ustadz, trm ksh atas ilmunya

    BalasHapus

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19 PANDEMI   Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memengaruhi seluruh tatanan kehidupa...