RENCANA
PENGEMBANGAN MADRASAH (RPM)
Madrasah Tsanawiyah
AL ADZKAR
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Berdasarkan
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1) dinyatakan bahwa
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat bangsa dan negara.
Untuk
itu perlu diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin peningkatan mutu
pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen pendidikan serta
pemerataan pelayanan pendidikan.
Dengan
iklim yang demikian diharapkan mampu melahirkan generasi penerus pembangunan masa depan agama bangsa dan
negara yang beriman, bertaqwa, kompeten, mandiri, rasional, kreatif dan siap
menghadapi berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal kepada Allah SWT bahwa
apa yang dihadapi, apa yang terjadi merupakan kehendak-Nya yang harus dihadapi
dan disyukuri.
Berdasarkan
kepentingan tersebut MTs Al Adzkar sebagai salah satu lembaga pendidikan islam yang
terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk
melakukan perubahan kearah yang lebih baik akan program pendidikan secara
terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang telah disepakati
bersama.
Untuk
itu maka kami menyusun dan merencanakan sebuah Rencana Pengembangan Madrasah ( RPM ) yang merupakan program
peningkatan mutu pendidikan yang tertuang dalam rencana kerja jangka panjang,
jangka menengah dan jangka pendek ( Tahunan ).
B.
DASAR
HUKUM
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, Tanggal 04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
C.
MAKSUD
DAN TUJUAN
Maksud penyusunan Rencana
Pengembangan Madrasah
( RPM )
adalah :
·
Menjamin agar tujuan sekolah
yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan
resiko yang kecil.
·
Mendukung koordinasi antar
pelaku sekolah.
·
Menjamin terciptanya integrasi,
sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan Kantor
Kemenag
kabupaten/kota, dan antarwaktu.
·
menjamin keterkaitan dan
konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
·
Mengoptimalkan partisipasi
warga sekolah dan masyarakat.
·
Menjamin tercapainya penggunaan
sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.
·
Memberikan gambaran yang jelas
tentang hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan
serta masalah-masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 8 tahun ( jangka
panjang ), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 20017/2018 (jangka pendek).
·
Sebagai pedoman kerja bagi semua
personil sekolah dalam melaksanakan tugas mengajar dan mengelola kegiatan pada tahun pelajaran 2017/2018.
Tujuan
program kerja ini :
·
Memberikan landasan dan arah
yang jelas dalam melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung.
·
Sebagai alat kontrol
pelaksanaan kegiatan sekolah.
·
Sebagai tolak ukur dalam
menilai hasil kerja.
·
Sebagai sumber data dan
informasi bagi penentuan kebijakan dan keputusan pimpinan.
D.
RUANG
LINGKUP PROGRAM
Ruang lingkup
program kerja ini meliputi :
a. Program
kerja jangka panjang ( 8 tahunan )
b. Program
kerja jangka menengah ( 4 tahunan )
c. Progra
kerja jangka pendek ( 1 tahunan )
E.
SASARAN
PROGRAM
Sasaran program
kerja ini adalah untuk memperlancar
kegiatan Madrasah yang
meliputi ke tiga program kerja tersebut.
BAB II
PROFIL MADRASAH
A.
PENDAHULUAN
Pendidikan di dalam islam adalah untuk menjadikan manusia
sebagai makhluk yang menjalankan fungsi dan misinya yaitu sebagai
’abid dan khalifah. Abid berarti manusia yang berima dan bertaqwa.
Khalifah berarti manusia yang memberi manfaat dan mashlahat melalui amar ma’ruf
nahi mungkar, amal sholih, infaq, shodaqoh, ta’lim, menegakkan keadilan,
kesejahteraan, keamanan dan kedamaian
dibawah naungan dan ridho Allah SWT.
Madrasah Tsanawiyah adalah sekolah yang diselenggarakan berdasarkan konsep
”one for all”. Artinya dalam satu atap sekolah siswa memperoleh pendidikan
umum, pendidikan agama dan pendidikan keterampilan. Pendidikan umum mengacu
pada kurikulum nasional, pendidikan agama menekankan pada pendidikan aqidah, akhlak
dan ibadah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan lingkungan
yang baik (biah sholihah) di dalam lingkungan sekolah dan mewujudkan suri
tauladan (qudwah hasanah) oleh seluruh guru dan pegawai sekolah. Sedangkan
pendidikan keterampilan dikemas dalam kegiatan ekstra-kurikuler yang
menyediakan beragam pilihan kegiatan yang seluruhnya mengacu kepada
prinsip-prinsip keterampilan hidup (life skill).
Madrasah Tsanawiyah AL Adzkar Pamulang yang berdiri
sejak tahun pelajaran 2011/2012 adalah sekolah yang menerapkan pendekatan
penyelenggaraan proses belajar dengan memadukan pendidikan umum, pendidikan agama dan
pendekatan Pesantren Modern menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan
pendekatan ini semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari
bingkai ajaran dan nilai-nilai keislaman. Madrasah Tsanawiyah juga menekankan keterpaduan
dalam metode pembelajaran.
B. Visi
” Terwujudnya pesantren Al-Adzkar yang modern, unggul dalam ilmu
keislaman, pengetahuan umum dan teknologi, serta mengedepankan Bahasa Arab dan
Bahasa Inggris dalam berkomunikasi
B. Misi
C.
Mengajarkan
ilmu keislaman, pengetahuan umum, dan teknologi secara terpadu.
D.
Menyelenggarakan
pendidikan tahsin dan tahfizh Al-Qur’an, serta Bahasa Arab dan Inggris secara
berrkesinambungan.
E.
Membiasakan
santri dengan adab dan akhlak Islami, serta hidup mandiri, sederhana, dan
disiplin.
F.
Menyelenggarakan
pendidikan pesantren yang sehat, bersih, tertib, dan nyaman.
Penjabaran misi di atas meliputi:
1. Menyelenggarakan
kegiatan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa
berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya dengan basis
kurikulum Tsanawiyah Al Adzkar, kurikulum Pesantren dan kurikulum
keterampilan hidup.
2. Menyelenggarakan
pembinaan tahsin dan tahfizul Qur’an serta pembiasan ibadah.
3. Menyelenggarakan
pembinaan ruhiyah dan jasadiyah.
4. Menyelenggarakan
diklat, kursus, workshop dan pelatihan bagi para guru dan pegawai untuk
meningkatkan kompetensinya.
5. Menyelenggarakan
dan menyediakan fasilitas dan media informasi untuk mengembangkan dan
meningkatkan kompetensi seluruh warga sekolah.
6. Menumbuhkan
semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
7. Mendorong
dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat
berkembang secara optimal.
8. Menumbuhkan
pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai islam dan budaya bangsa.
- Tujuan MADRASAH
Visi dan Misi merupakan
proyeksi jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa bentuk
kegiatan yang memiliki tujuan yang lebih jelas dan lebih detil. Berikut ini
tujuan-tujuan Madrasah yang merupakan
penjabaran dari visi dan misi di atas.
1. Membantu
pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa.
2. Memenuhi
kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang islami dan berkualitas.
3. Menghantarkan
siswa menjadi kader-kader da’wah dan pemimpin perubahan.
4. Menghantarkan
siswa menjadi manusia yang bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas dan memiliki
keterampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia, dengan
rincian karakter (muwashofat) sebagai berikut:
a.
Aqidah yang Bersih (Salimul Aqidah)
Meyakini Allah Swt sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa
alam semesta dan menjauhkan diri dari segala fikiran, sikap dan perilaku
bid’ah, khurafat dan syirik.
b.
Ibadah yang Benar (Shahihul Ibadah)
Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, shaum
(puasa), tilawah (membaca) al Qur’an, dzikr dan do’a sesuai petunjuk Al Qur’an
dan As-Sunnah.
c.
Pribadi yang matang (Matinul Khuluq)
Menampilkan perilaku yang santun, tertib dan disiplin, peduli terhadap
sesama dan lingkungan serta sabar, ikhlas, ulet dan pemberani dalam menghadapi
permasalahan hidup sehari-hari.
d. Mandiri (Qadirun Alal Kasbi)
Mandiri
dalam memenuhi segala keperluan hidupnya dan memiliki bekal yang cukup dalam
pengetahuan, kecakapan dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan
nafkahnya.
e. Cerdas dan
Berpengetahuan (Mutsaqqaful Fikri)
Memiliki
kemampuan berfikir yang kritis, logis, sistematis dan kreatif yang menjadikan
dirinya berpengetahuan luas dan menguasai bahan ajar dengan sebaik-baiknya,
cermat serta cerdik dalam mengatasi segala problem yang dihadapi.
f.
Sehat dan Kuat (Qawiyul Jismi)
Memiliki
badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat,
serta keterampilan beladiri yang cukup untuk menjaga diri dari kejahatan pihak
lain.
g.
Bersungguh-sungguh dan Disiplin (Mujahidun Linafsihi)
Memiliki
kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungnnya
yang ditunjukkan dengan etos dan kedisiplinan kerja yang baik.
h. Tertib dan cermat (Munazhzhom Fi Syu’unihi)
Tertib
dalam menata segala pekerjaan, tugas dan kewajiban, berani dalam mengambil
resiko namun tetap cermat dan penuh perhitungan dalam melangkah.
i.
Efisien (Harisun
‘Ala waqtihi)
Selalu
memanfaatkan waktu dengan pekerjaan yang bermanfaat, mampu mengatur jadwal
kegiatan sesuai dengan skala prioritas.
j.
Bermanfaat (Nafiun
Lighoirihi)
Peduli kepada sesama dan memiliki kepekaan dan
keterampilan untuk membantu orang lain yang memerlukan pertolongan.
E. SASARAN
MUTU
1. Terpenuhinya
10 (sepuluh) karakter pribadi Muslim :
a. Beraqidah bersih, Lurus ( Salimul ‘Aqidah ).
b. Beribadah dengan benar ( Shohihul Ibadah ).
c. Berkepribadian Matang ( Matiinul Khuluq ).
d. Mandiri ( Qadirun ’alal Kasbi ).
e. Cerdas dan berpengetahuan ( Mutsaqqoful Fikriy ).
f. Sehat dan Kuat ( Qowiyyul Jismi ).
g. Disiplin dan Sungguh-sungguh ( Mujahidun Linafsihi ).
h. Tertib dan cermat ( Munazhomun fi Syu’unihi ).
i. Efisien ( Haritsun ’ala Waqtihi ).
j. Bermanfaat ( Nafi’un Lighoirihi ).
2.
Mencapai
nilai akademik 7,5 pada mata pelajaran utama ( Pendidikan Agama Islam,
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab ).
3.
Mencapai
hafalan 3 Juz Al-Qur’an dengan fasih dan lancar.
4.
Lulus
Ujian Nasional 100 %.
5.
Mampu
berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan baik.
6.
Mampu
mengoperasikan Microsoft Office dan Internet.
7.
Siswa memiliki Life
Skill/keterampilan.
F. PROGRAM
KERJA
1.
Menyelenggarakan
Kegiatan Belajar Mengajar, dengan basis kurikulum Madrasah
Tsanawiyah AL Adzkar,
Kurikulum Pesantren,
Pramuka dan Life Skill/keterampilan.
2.
Menyelenggarakan
Kegiatan Belajar Mengajar dengan basis Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK).
3.
Menyelenggarakaan
pembinaan tahfidz.
4.
Menyelenggarakan
pembinaan pembiasaan ibadah ( Sholat berjama’ah, Sholat dan Puasa Sunnah, dll
).
5.
Menyelenggarakan
pembinaan Ruhiyah dan Jasadiyah (Halaqoh/mentoring).
6.
Menyelenggarakan
Ekskul wajib English Conversation dan Muhadatsah, Renang.
7.
Menyelenggarakan
kegiatan pengembangan diri ( ekskul pilihan ).
8.
Menyelenggarakan
diklat/kursus-kursus Bahasa Inggris dan Arab bagi guru dan pegawai.
9.
Menyelenggarakan
Pelatihan-pelatihan guru dan pegawai untuk meningkatkan kompetensinya.
10. Menyelenggarakan Studi Banding.
11. Menyelenggarakan fasilitas/media informasi seperti
Koran, majalah, TV dan Internet.
G. KURIKULUM
1. KOMPONEN
KURIKULUM
a) Kurikulum
Madrasah Tsanawiyah AL Adzkar.
b)
Kurikulum
Pesantren.
Ø Pokok-pokok ajaran Islam ; Aqidah, ibadah, Akhlaq, Fiqih,
siroh/tarikh, Al-qur;an, hadits dan
Tsaqofah.
Ø Al-Qur’an
; Tahsin dan Tahfidz.
Ø Bahasa
Arab.
c) Kurikulum
Kepramukaan dan mentoring; Ruhiyah, jasadiyah, fanniyah, tsaqofiyah, qiyadah
wal Jundiyah (Kepemimpinan) dan Ukhuwwah.
d)
Kurikulum
Keterampilan ; beladiri, jurnalistik, marawis, Robotik,kaligrafi, olahraga prestasi, Tata Boga,
, Desain Grafis, dll.
L.
EKSTRAKURIKULER
a.
Ekstrakurikuler Wajib, yang meliputi;
1.
Mentoring/Bimbingan Keislaman.
2.
Kepramukaan
b.
Ekstrakurikuler Pilihan, yang meliputi;
1.
Karate
2.
Tifan
3.
Tilawah
4.
Disain
Grafis
5.
Kaligrafi
6.
Futsal
7. Robotik
8. Aeromodelling
9.
Tata
Boga
10. Tata Busana
11. Marawis
12. Memanah
O.
KEADAAN
SARANA DAN PRASARANA
No.
|
Uraian
|
Jumlah
|
Kondisi
|
1.
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
Baik
|
2.
|
Ruang Tata Usaha
|
1
|
Baik
|
3.
|
Ruang Rapat
|
1
|
Baik
|
4.
|
Ruang Tamu
|
2
|
Baik
|
5.
|
Ruang Guru Ikhwan (Putra)
|
1
|
Baik
|
6.
|
Ruang Guru Akhwat (Putri)
|
1
|
Baik
|
7.
|
Ruang Kelas
|
9
|
Baik
|
8.
|
Laboratorium Komputer
|
1
|
Baik
|
9.
|
Laboratorium IPA/SAINS
|
1
|
Baik
|
10.
|
Perpustakaan
|
1
|
Baik
|
11.
|
Masjid
|
Baik
|
|
12.
|
Mushola Putri
|
1
|
Baik
|
13.
|
Kantin
|
1
|
Baik
|
14.
|
A u l a
|
1
|
Baik
|
15.
|
Kamar Mandi Siswa Putra
|
30
|
Baik
|
16.
|
Kamar Mandi Siswa Puteri
|
30
|
Baik
|
17.
|
Kamar Mandi Guru Ikhwan
|
2
|
Baik
|
18.
|
Kamar Mandi Guru Akhwat
|
2
|
Baik
|
19.
|
Lapangan Upacara
|
1
|
Baik
|
20.
|
Lapangan Futsal
|
1
|
Baik
|
21.
|
Lapangan Volly
|
1
|
Baik
|
22.
|
Lapangan Basket
|
1
|
Baik
|
23.
|
Lapangan Badminton
|
1
|
Baik
|
24.
|
Ruang musik
|
1
|
Baik
|
BAB III
PROGRAM JANGKA
PANJANG
A.
PROGRAM
JANGKA PANJANG MTs Al
Adzkar ( 8 TAHUN )
Prioritas
program kegiatan jangka panjang tahun 2017/2018 dititikberatkan
pada peningkatan mutu, meliputi :
1. Menyusun
strategi pelaksanaan pengembangan profesionalitas guru dan pegawai melalui Training, diklat, seminar dan
sebagainya.
2. Melengkapi
dokumen kurikulum Madrasah Tsanawiyah AL Adzkar dengan Kurikulum
2013
dan kurikulum Pesantren.
3. Menyelenggarakan
sekolah yang berstandar Nasional.
4. Mempersiapkan
dan melaksanakan kurikulum MTs Aldzkar secara lengkap dan menyeluruh.
5. Meningkatkan
kompetensi dan profesionalisme guru.
6. Mengembangkan
model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.
7. Merencanakan
dan melaksanakan ujian nasional dan dapat mengatasi permasalahan yang timbul
pada tahap proses kelulusan.
8. Mengidentifikasi
implikasi pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi terhadap manajemen sekolah.
9. Mengembangkan
sistem evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen sekolah dan melakukan evaluasi
diri.
10. Mengembangkan
budaya sekolah yang kondusif dan mengembangkan metode mengajar dan metode belajar
siswa serta mengembangkan hubungan yang sinergis dengan masyarakat.
11. Pengembangan
program inovasi dan kreativitas guru dan siswa.
12. Mengembangkan
administrasi sekolah berbasis Teknologi Informasi melalui komputerisasi data
dan jaringan internet.
13. Melengkapi
sarana dan prasarana belajar sesuai perkembangan zaman.
BAB IV
PROGRAM JANGKA MENENGAH
B.
PROGRAM
JANGKA MENENGAH MTs AL
ADZKAR ( 4 TAHUN )
No
|
Jenis
Program
|
Uraian
Program
|
Strategi
|
1.
|
Kurikulum dan
Pembelajaran
|
· Pengembangan
Kurikululm nasional dan mengadopsi kurikulum internasional
· Peningkatan
mutu proses pembelajaran
|
1. Memberdayakan
fungsi litbang
2. Mengadakan
workshop
3. Mengadakan
study banding
4. Merevitalisasi
internet
1. Mengadakan
IN House Training
(IHT)
2. Merevitalisasi
MGMP dan MGP
3. Melaksanakan
clasroom reform
4. Retorientasi
pembelajaran
5. Melaksanakan
penelitian tindakan kelas
6. Mengadakan
supervisi kelas
7. Melengkapi
media, sumber alat dan ajar
|
2.
|
Kesiswaan
|
· Organisasi
kesiswaan
·
Kegiatan wawasan
wiyatamandala
· Latihan
kepemimpinan
· Ekstrakulikuler
|
1. Meningkatkan
organisasi yang berorientasi pada iptek dan imtak
2. mengadakan
hubungan kerjasama dengan organisasi serupa di dalam dan luar negeri
3. meningkatkan
peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah
sebagai wawasan wiyatamandala
4. mengadakan
IHT kepemimpinan siswa
5. Mengadakan
studi banding ke organisasi SISWA
lain yang sudah mapan
6. Memiliki
jumlah dan mutu ekstrakulikuler yang memadai
7. Mendirikan
kelompok ilmiah remaja
8. mengadakan
lomba K7 tiap tahun
9. Meningkatkan
interaksi yang harmonis antara semua warga sekolah dengan lingkungan
|
3.
|
Ketenagaan
|
Peningkatan profesionalisme
guru dan karyawan
|
1. Pembinaan
secara rutin
2. Mengadakan
WorkShop
3. Mengadakan
IHT
4. Mengikutsertakan
guru dan staf TU ke penataran,
pelatihan, seminar, dan MGMP/MGP
5. Melengkapi
referensi sesuai dengan kebutuhan
6. supervisi
internal secara berkala
|
4.
|
Sarana prasarana
|
· Pengadaan
sumber, media, alat pembelajaran sesuai SPM
· Membangun
lab bahasa, lab. Biologi, lab. Kimia dan fisika
· Membangun
gedung olah raga dan kesenian
· Menata
taman belajar
· Memperluas
jaringan internet
|
1. Menginventarisasi
sarana dan prasarana yang ada
2. merencanakan
pengadaan pemeliharaan dan rehabilitasi sapras
3. mengadakan
pemeliharaan, rehabilitasi dan pengadaan sapras
|
5.
|
Manajemen
|
· Melaksanakan School
reform and classroom reform
· Melaksanakan
action reseacrh
· Mengadakan
supervisi internal
|
1. Menyusun
program perencanaan
2. pengorganisasian
staf
3. Pengadminstrasian
4. Pelaksanaan
kegiatan
5. Evaluasi
kegiatan
|
6.
|
Hubungan Masyarakat/Kedinasan
|
· Pertemuan
komite sekolah ; Rapat berkala, Rapat khusus.
· Hubungan
kerjasama dengan ; KEMENAG, DINAS
PENDIDIKAN dan instasi terkait.
|
1. Pertemuan
rutin dan berkala dengan komite sekolah
2. Mengikuti Rapat dengan KKM, KEMENAG DAN DINAS
PENDIDIKAN
3. Mengadakan
dan memperbaharui MOU dengan rekanan
4. Mengevaluasi
hasil kerja.
|
BAB
V
PROGRAM
KERJA TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
A. URAIAN PROGRAM KERJA
Program Kerja Tahunan ini berisi
uraian program kerja yang berisi
seluruh kegiatan madrasah
yang direncanakan dan diprogramkan dalam tahun pelajaran 2017/2018. Uraian program
kerja tahunan ini merupakan penjabaran dari usaha pencapaian visi,misi dan
tujuan sekolah.
Program Kerja Tahunan MTs Al
Adzkar
tahun pelajaran 2017/2018 ini adalah sebagai
berikut :
I
|
UMUM
|
1
|
Kegiatan 7K
|
II
|
ORGANISASI
|
1
|
Menyusun Struktur Organisasi
|
2
|
Pembagian Tugas Mengajar
|
3
|
Menyusun Kepanitiaan :
|
1. PSB
|
|
2. PTS
|
|
3. PS
|
|
4. UAS
|
|
5. Outing Class
6. PHBI/PHBN
|
|
6. Mukhoyam Tarbawi/Out Bond
7. Training Motivasi
|
|
III
|
ADMINISTRASI
|
1
|
Mengup-date Data Kepegawaian
|
2
|
Mengup-date Data Kesiswaan
|
3
|
Mengup-date Data Inventaris Sekolah
|
4
|
Mengelola Administrasi Sekolah
|
5
|
Menyusun Laporan Bulanan
|
6
|
Menyusun Laporan Semester
|
7
|
Menyusun Laporan Tahunan
|
IV
|
KEPEGAWAIAN
|
1
|
Menginventarisir Kebutuhan Guru
|
2
|
Mengajukan Kebutuhan Guru
|
3
|
Mengajukan Rumusan SKB
|
4
|
Supervisi
|
V
|
KEUANGAN
|
1
|
Menyusun RAPBS
|
2
|
Menyusun Laporan Keuangan BOS
|
3
|
Menyusun Pengajuan BOS
|
VI
|
RUMAH TANGGA SEKOLAH
|
1
|
Mengelola Kebutuhan Listrik
|
2
|
Mengelola Kebutuhan Telp.& Internet
|
3
|
Mengelola Kebutuhan Air Minum
|
4
|
Mengelola Kebutuhan The,gula, toiletris dll
|
5
|
Mengelola Kebutuhan ATK Habis Pakai :
|
1. Kertas 4 rim
|
|
2. Tinta Printer 4 Pcs
|
|
3. ATK Lain
|
|
VII
|
KURIKULUM
|
1
|
Penyusunan Kurikulum 2013
|
2
|
Penyusunan Program Tahunan
|
3
|
Penyusunan Prog. Semester
|
4
|
Penyusunan Silabus
|
5
|
Penyusunan RPP
|
6
|
Penyusunan Jadwal Pelajaran
|
7
|
Penyusunan Guru Mengajar
|
8
|
Pelaksanaan KBM
|
9
|
Dauroh Qur'an
|
10
|
Pembinaan Tahfiz Qur'an
|
11
|
Penyelenggaraan English Day
|
12
|
Penyelenggaraan Arabic Day
|
13
|
Outing Class
|
13
|
Kemah Pelajar/Out Bond
|
14
|
Ulangan Harian
|
15
|
PTS
|
16
|
PAS
|
17
|
Penyerahan Rapot
|
18
|
Bimbingan Belajar
|
19
|
Ujian Nasional ( UN )
|
VIII
|
KESISWAAN
|
1
|
Masa Bimbingan Siswa (MOS)
|
2
|
Upacara
|
3
|
Penyusunan Program Tatib
|
4
|
Program Pembiasaan Ibadah :
|
1. Sholat Berjamaah
|
|
2. Sholat Dhuha
|
|
3. Sholat Rawatib
|
|
4. Dzikir Al-Ma'tsurat
|
|
5. Puasa Sunnah
|
|
6. Infaq Jum'at
|
|
7. Jadwal Azan dan Iqomah
|
|
8. Piket Masjid
|
|
5
|
Mentoring dan Kepanduan
|
6
|
Conversation
|
7
|
Muhaddatsah
|
8
|
Ekstrakulrikuler Pilihan
|
9
|
Kegiatan OSIS
|
10
|
Bulletin Pesantren
|
11
|
PHBI / PHBN
|
12
|
Inspeksi Mendadak (Sidak)
|
13
|
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
|
14
|
Seminar/Pelatihan Siswa
|
15
|
Pemilihan Siswa Berprestasi
|
IX
|
SARANA DAN PRASARANA
|
1
|
Mengup-date Data Inventaris Madrasah
|
2
|
Mengajukan Sarana Pendukung KBM
|
3
|
Melengkapi Prasarana KBM
|
4
|
Perawatan dan Perbaikan Inventaris Madasah
|
5
|
Pengadaan Buku Pelajaran
|
6
|
Pengadaan Buku MOS
|
7
|
Pengadaan Buku Rapot
|
8
|
Pengadaan Map Ijazah
|
9
|
Pengadaan Buku Mutabaah Yaumiyah,
|
Al-Ma'tsurat,Prestasi Tahfiz,
|
|
10
|
Pengadaan Kartu Siswa dan Guru (ID CARD)
|
11
|
Pengadaan Seragam Siswa dan Guru
|
12
|
Pengadaan Kelengkapan KBM
|
13
|
Pengadaan Kelengkapan Kesiswaan
|
14
|
Pengadaan Kelengkapan Kepanduan
|
15
|
Pengadaan Kelengkapan Kantor
|
16
|
Pengadaan Sound Sistem
|
17
|
Pengadaan Digital Camera & Handycam
|
18
|
Pengadaan LCD
|
19
|
Pengadaan Lab. Kom/Multi Media
|
20
|
Pengadaan Lab. Bahasa
|
X
|
HUMAS
|
1
|
Rapat Komite Kedinasan (KEMENAG, DINAS PENDIDIKAN, KKM)
|
2
|
Koordinasi Kegiatan dengan instansi tertentu
|
3
|
Rapat dengan Orang Tua Siswa
|
4
|
Seminar/Pelatihan Umum
|
5
|
Studi Banding
|
6
|
Bakti Sosial
|
7
|
Membuat Film Profil Sekolah
|
8
|
Panelisasi Foto-foto Kegiatan Sekolah
|
9
|
|
XI
|
PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN SDM
|
1
|
Rapat Kerja Awal Tahun
|
2
|
Rapat Rutin Sekolah
|
3
|
Rapat Rutin dengan Yayasan/pengasuhan
|
4
|
Menjadi anggota JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu)
|
5
|
Rapat Kenaikan Kelas
|
6
|
Rapat Kerja Akhir Tahun
|
7
|
Pelatihan Guru dan Pegawai
|
8
|
Pelaksanaan Hari Bahasa
|
BAB
V
PENUTUP
Al-hamdulillah dengan rahmat dan
karunia Allah SWT kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja Tahunan
ini. Ini merupakan sebuah cita-cita dan komitmen untuk melakukan yang terbaik
dalam melaksanakan tugas-tugas kami. Kami menyadari bahwa masih banyak
kekurangan yang ada pada kami, karena itu boleh jadi program kerja tahunan yang
kami susun ini masih banyak pula kekurangannya dan jauh dari kesempurnaan. Oleh
sebab itu kritik dan saran dari berbagai pihak kami harapkan untuk menambah
pengetahuan dan wawasan kami, agar program kerja tahunan yang akan datang dapat
disusun dengan lebih baik lagi.
Pamulang, 10
Juli 2017
Penyusun
Kepala Madrasah
Rinaldi Safiq,S.Ag.
Assalamu'alaikum wr wb.
BalasHapusTerima kasih sdh publish RPM, mhn ijin adopsi dokumen. Smg barokah manfaat .
Wassalamu'alaikum wr wb.
izin copy dokument,alhamdulillah sangat bermanfaat buat proses akreditasi :)
BalasHapusAssalamu'alaikum wr wb.
BalasHapusTerima kasih sdh publish RPM, mhn ijin adopsi dokumen. Smg barokah manfaat .
Wassalamu'alaikum wr wb.
saya tidak bisa download.. bgm caranya ya...
BalasHapusizin copy bang semoga berkah amin
BalasHapusmaaf izin copy bapak...trima kasih atas ilmunya
BalasHapusAss. Maaf, mohon izin ngopy dokumennya. Terima kasih banyak, semoga menjadi ladang amal bg bpk/ibu
BalasHapusIZIN COPAST
BalasHapusAssalamu'alaikum, izin copy paste, terimakasih sangat bermanfaat, semoga berkah dan memperoleh pahala yang tak terhingga bagi bapak/ibu.
BalasHapus
BalasHapusAssalamualaikum ww.
Terima kasih atas penuntun RPMnya.sangat bermanfaat.semg berkah.
aamiin.
Assalamu'alaikum wr wb.
BalasHapusTerima kasih telah menerbitkan RPM, izin adopsi dokumen mhn. Manfaat smg barokah.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Terimakasih,, izin Copas
BalasHapusSilahkan yg ingin Copas, semoga menjadi amal jariyah, aamiin
BalasHapusMohon izin untuk Copas , Semoga berkah dan bermanfaat
BalasHapusterima kasih banyak ustadz, sangat bermanfaat, semaga sukses selalu
BalasHapusMohon ijin kopi bpk...moga barakah
BalasHapusAssalaamu'alaikum, ustadz, mhn izin copas ya, smg jadi amal jariyah utk ustadz, trm ksh atas ilmunya
BalasHapussyukron, mhn ijin copas
BalasHapus