Selasa, 14 Januari 2020

CATATAN KECIL TENTANG TRAVEL UMRAH

CATATAN KECIL TENTANG TRAVEL UMRAH
By: Rinaldi Safiq Marketing IBS Aqobah

Berdasarkan pengamatan sepintas penulis, saat menjadi Peserta di ITE beberapa waktu lalu, ini di hampir semua travel yang menjad peserta pamreani menawarkan program dengan harga menarik, (jika boleh di katakan saat itu menjadi ajang “perang “ harga bagi travel travel).

Masyarakat Indonesia, sangat antusias terhadap ibadah Umrah, pada tahun 2019 saja tercatat di Kementrian Agama, jumlah jamaah umrah sebesar 1,1 juta dan akan bertambah pada tahun 2020.


Peningkatan jumlah jamaah ini dikarenakan beberapa faktor antara lain,
1. Taraf hidup masyarakat khususnya umat Islam di Indonesia sudah semakin membaik.
2. Antrian berangkat berhaji sangat panjang, sehingga salah satu alternatifnya yakni melaksanakan ibadah umrah di tanah suci atau Ke Baitullah di Makkah


Ini menjadi peluang bagi, para pelaku travel.untuk mendapatkan calon jamaah haji yang begitu banyaknya. Tetapi masalahnya, selalu saja ada Travel travel yang “gulung tikar”, baik karena ketidakamanahan atau karena tidak mendapatkan jamaah. Bahkan tidak sedikit travel yang la yahya walaa yamuut ( hidup tidak mati tak mau), bahkan juga ada izin travel yang di “jual” ke travel lain.


Disinyalir bahwa itu terjadi karena di satu sisi secara internal manajemen Travel masih bersifat apa adanya. Walaupun berizin perusahaan tapi manajemennya masih seadanya, karena di anggap ini menyangkut masalah ibadah. Sementara  di sisi lain juga bisnis (jika boleh dikatakan bisnis) travel ini butuh kepercayaan dari masyrakat.sehinggga masyarakat  berbondong-bondong mendaftarkan ibadah umrahnya ke Perusahaan yang terpercaya.


Pertanyaannya adalah bagaimana halnya dengan nasib travel yang la yahya walaa yamutu (tidak berjaya dan tidak bermutu).karena tidak  diminati masyarakat karena mutunya dan kepercayaannya dinilai tidak  bagus. 


Menciptakan inovasi dengan meniru apa yang dilakukan oleh travel lain ,  sepertinya akan kesulitan dan banyak membuang energi. Oleh karena itu, pilihannya adalah melakukan inovasi yang tidak dimiliki oleh travel lain. Inilah yang disebut dengan inovasi dengan menggunakan strategi laut biru (blue ocean strategi/BOS).


BOS adalah strategi keunggulan yang dikembangkan dunia perusahaan bisnis. BOS digagas oleh Chan Kim dan Renee Mauborgne di Harvard University. Kedua pakar manajemen ini mengamati bahwa ada beberapa perusahaan yang tumbuh menjadi besar bukan karena mampu bersaing dengan perusahaan lain, tetapi karena ia tidak mampu menciptakan hal-hal baru yang tidak menjadi elemen yang dipersaingkan. Dengan hal baru tersebut, perusahaan justru leluasa bertumbuh karena nyaris ia memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain, sehingga nyaris tidak ada persaingan.

Jadi, kuncinya adalah fokus untuk membangun hal baru yang tidak dimiliki oleh yang lain.
Kita bisa lihat bagaimana tumbangnya Perusahaan Nokia yang pernah merajai ponsel di dunia, akhrinya tumbang, begitu juga Blackberry dan yahoo. Kesemuanya itu , bukan karena tidak ada pasar, tapi karena kurang inovasi dan merasa sudah besar.


Oleh karena itu, bagi Travel yang ingin eksis dan unggul,serta di percaya masyaraka harus fokus pada satu atau beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh perusahaan  atau travel lain, sehingga kalau itu bisa diwujudkan, maka akan bisa melenggang dengan nyaman karena nyaris tanpa saingan.


Untuk itu IBS Buana Sejahtera AQOBAH, harus terus berusaha untuk menemukan kekhasannya, kemudian mengembangkannya, dan menjadikannya sebagai trademark atau branding yang membedakannya dari travel lain lain.
Mari kita bangun IBS Aqobah ini dengan:
1. Profesionalime kerja, sehingga semua dapat di kerjakan dengan baik
2. Bangun kepercayaan masyrakat, bahwa IBS Aqobah, merupakan Travel yang amanah
3. Membuat inovasi inovasi baru, dengan membuat produk yang menarik
4. Membangun tim yang sholid
5. Menjaga hubungan yang baik kepada Alloh SWT, karena usaha ini, tidak hanya bisnis semata tetapi mengandung nilai ibadah, dengan menjaga keihklasan

1 komentar:

  1. Did you hear there's a 12 word sentence you can speak to your partner... that will trigger deep feelings of love and impulsive appeal for you deep inside his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, please and look after you with his entire heart...

    ===> 12 Words Will Fuel A Man's Desire Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will make him try harder than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    Matter-of-fact, fueling this influential instinct is absolutely important to achieving the best ever relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will immediately find him expose his mind and soul to you in such a way he never expressed before and he'll distinguish you as the only woman in the world who has ever truly interested him.

    BalasHapus

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19 PANDEMI   Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memengaruhi seluruh tatanan kehidupa...