Senin, 05 Agustus 2019

MASJID QUBA


MASJID QUBA

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءَ، فَصَلَّى فِيهِ صَلَاةً، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَة

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu datang ke Masjid Quba’, kemudian dia mendirikan salat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah.”
Masjid Quba adalah sebuah masjid yang terletak di tepi Kota Madinah, tepatnya 3 km di arah selatan Masjid Nabawi. Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

"Di Quba, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam disambut meriah oleh penduduk Madinah sambil menyanyikan nasyid thala'al badru'alaina. Beliau singgah di Quba selama empat hari, dan di waktu itu beliau memerintahkan untuk membangun Masjid Quba bahkan ikut terlibat dalam proses pembangunannya,"

Karena kehebatannya inilah Allah mengabadikannya dalam Alquran surat at-Taubah ayat 108:

"Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan salat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang suka membersihkan diri, dan  Alloh menyukai orang orang yang membersihkan diri

Masjid Quba juga memiliki keutamaan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa yang keluar dari rumahnya kemudian mendatangi masjid ini, yakni Masjid Quba kemudian salat di dalamnya, maka pahalanya seperti ia menjalankan umrah" (Musnad Ahmad: 15981).

Bukan berarti kewajiban ibadah umrahnya telah tertunaikan jika seseorang menjalankan salat di Masjid Quba. Siapa yang salat di Masjid Quba maka dia mendapatkan pahala setara dengan pahala umrah.


Mengenai pelaksanaannya, tidak ada ketentuan melakukan salat tertentu. Bisa melakukan salat tahiyatul masjid, salat dhuha atau salat-salat sunah lainnya.

"Karena salat apapun maka pahalanya senilai dengan pahalah ibadah umrah, insya Allah," pungkasnya.

Dari berbagai sumber disebutkan bahwa Masjid Quba telah direnovasi dan diperluas oleh Kerajaan Arab Saudi. Sehingga masjid yang ada saat ini telah berubah jika dibandingkan pada saat zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Masjid Quba dulunya berdiri di atas kebun kurma dengan luas 1200 meter persegi. Setelah direnovasi, luasnya sekitar 5.860 meter persegi dan dapat menampung 20 ribu jemaah.

Masjid Quba memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama. Dua pintu untuk masuk jemaah laki-laki, satu pintu lainnya untuk masuk jemaah perempuan.
Masjid Quba menjadi salah satu agenda ziarah /City Tour di Madina bagi jamaah Umrah AYO HAJi. Semoga Alloh SWT, memberikan rizki kepada kita unuk dapat berziarah ke Al Haramain

اللهم ارزقنا لزيارة بيتك المحرم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19

OPTIMISME HAJI UMRAH DI TENGAH BADAI COVID 19 PANDEMI   Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah memengaruhi seluruh tatanan kehidupa...